Selasa, 03 Mei 2011

Soal Latihan IPA Kelas 4 BAB "Kenampakan Bumi dan Langit serta Perubahan Lingkungan"

Nama Siswa HEBAT : .............................. Mapel : IPA, Saya Pasti BISA
Kelas : IV (Empat)

1. Soal Kesenanganku

Pada hari Minggu jam 09.00 WIB ada siswa Hebat yang bernama (namamu sendiri) pergi ke puncak Gunung Kebahagian. Sebelum berangkat ia tidak lupa untuk berdoa. Dalam perjalanan ia melihat sistem pertanian yang berpetak-petak seperti tangga yang dikenal dengan dimana fungsinya untuk mencegah terjadinya erosi. Akhirnya sekitar jam 10.00 WIB sampai di puncak Gunung Kebahagian, daniapun mengucapkan hamdallah.

Sekitar jam 12.00 WIB ia berencana untuk pulang dan sebelum pulang tidak lupa untuk sholat Dhuhur dahulu. Dalam perjalanan pulang ia melihat sebuah musibah yaitu runtuhnya tanah dari bukit dan mengubur rumah pemukiman yang dikenal dengan . Selanjunya ia turun dan mengucapakan kalimat sebagai tanda belasungkawa atas terjadinya musibah tersebut.

Ia berfikir kenapa musibah tersebut terjadi? Ia duduk dan melihat keadaan di daerah tersebut. Akhirnya ia menyimpulkan bahwa musibah itu terjadi karena tidak adanya tumbuhan di bukit. Maka agar musibah itu tidak terjadi maka di bukit harus diadakan sehingga saat hujan air tidak langsung menuju ke daerah pemukiman tetapi diserap dahulu oleh pohon-pohon yang ada di bukit.

Karena sudah jam 14.00 WIB maka ia pergi meninggalkan tempat tersebut dan pulang menuju ke rumah. Sebelum sampai di rumah ia melewati pesisir pantai. Betapa senang hatinya karena di sisi pantai banyak pohon yang fungsinya untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah dan batuan yang disebabkan oleh gelombang air atau . Agak jauh dari pantai juga terdapat sebuah tembok yang fungsinya sama dengan pohon tersebut.

Sekitar jam 15.00 WIB ia berhenti dan singgah ke masjid untuk sholat Asyar karena saat itu kumandang adzan sudah berkumandang. Setelah sholat ia melanjutkan perjalanan pulang.

Saat perjalanan pulang terjadi hujan lebat dengan disertai angin kencang yang dikenal dengan . Di dalam kendaraan ia banyak berdzikir mengingat Allah. Selain angin dan hujan ia sesekali melihat pusaran angin seperti terompet yang meliuk-liuk dan mengingatkannya pada sebuah angin yang terjadi di Amerika yaitu angin ... .

Alhamdulillah, akhirnya ia selamat sampai di rumah dan bersyukur karena pada hari itu ia mendaptkan pelajaran yang luar biasa.

2. Allah menciptakan isi alam semesta bermacam-macam benda langit. Sebut dan jelaskan pengertian 4 benda langit yang siswa HEBAT ketahui?

3. Bagaimana cara mencegah tanah longsor di daratan dan bagaimana cara mencegah abrasi di pantai (masing-masing minimal 2) !

4. Di bawah ini ada gambar matahari, bumi, dan bulan tentukan gambar manak itu selanjutnya jelaskan peristiwa terjadi gerhana jika posisinya seperti gambar tersebut beserta garis cahayanya dan letak umbra dan penumbra!
5. Isilah titik-titik dan gambarlah bentuk fase bulan pada gambar di bawah ini !


Alhamdulillah Aku BISA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar