Sabtu, 03 Desember 2011

Belajar dari Keunikan Anak

Assalamualaikum Wr. Wb.





Bagaimana kabarnya pengunjung yang selalu semangat? Tentunya LUAR BIASA bukan kabarnya.
Pada kesempatan ini alhamdulillah Nizar masih diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk menuliskan postingan di blog ini. Semoga postingan kali dapat bermanfaat bagi pengunjung khususnya para orang tua dan tenaga pendidik yang HEBAT.
InsyaAllah 25 Desember 2011 adalah milad dua tahun Nizar dalam belajar di dunia. Semoga Nizar nanti dapat menjadi generasi yang sholeh dan berilmu sehingga dapat membangun bangsa, negeri dan dunia serta menegakkan ISLAM. Amien

Alhamdulillah, menuju milad yang ke dua tahunnya, Nizar dikenal masih belum dapat bicara dengan jelas yang dikenal para tetangga dan orang sekitar dengan sosok yang nakal (karena menangan dan suka gigit orang yang didekatnya termasuk ayah bundanya he....) dan cetil (tidak mau berbagi). Tetapi sebagai ayah, saya tetap yakin itu adalah bagian dari pembelajaran yang menenmpa dirinya untuk menjadi salah satu generasi yang HEBAT. Dengan keaadaan seperti itu saya senantiasa tetap berfikir positif tentang sikapnya, mengajak komunikasi dengan  bahasa sehari-hari karena saya yakin Nizar tahu apa yang saya bicarakan, dan senantiasa berdoa untuk kebaikan-kebaikannya.


Jumat, 02 Nopember 2011 pukul 18.53 WIB Nizar berumur 23 Bulan lebih, saat itu Nizar menunjukkan hal tidak biasa yang mungkin akan membuat tercengang bagi yang melihatnya. Dan saya yakin hal yang dilakukannya hari itu saja pernah Nizar lakukan sebelumnya.


Kakek, nenek, saya dan Nizar jagongan (duduk di depan halaman rumah ditemani bintang-bintang) beserta paman dan bibi saya yang membawa jagoannya "Thoriq (om kecilnya Nizar berusia 7 bulan)" yang bersilaturahim ke rumah Nizar. Waktu demi waktu berjalan Thoriq meringik (menangis pelan) dan akhirnya digendong dan disusui ibundanya tetapi Thoriq masih meringik.


Saat itu Nizar masih bermain sendiri, lari kesana kemari. Dan kamipun tidak dapat memantaunya lagi. Ternyata Nizar tiba-tiba masuk ke rumah dan keluar rumah dengan membawa beberapa mainan yang diberikan ke Thoriq yang sedang meringik. Subhanallah.... Akhirnya Thoriqpun terdiam dan membawa mainan tersebut. Seketika saya mengucapkan,"Barakallah.... Nizar memang anak HEBAT." Sebagai apresiasi atas sikap yang LUAR BIASA itu.

Betapa senangnya hati kami yang biasanya Nizar sulit untuk memberikan sesuatu ternyata setelah melihat om kecilnya menangis tanpa dimintapun memberikan sesuatu kepada orang lain.Saya yakin kejadian ini tidak hanya dilakukan oleh Nizar saja tetapi mungkin semua anak-anak penuh LUAR BIASA.

Ketahuilah bahwa anak adalah hal yang UNIK dan penuh RAHASIA. Kadang kita meminta seperti ini tetapi anak tidak mau. Di saat kita tidak meminta apapun anak melakukan sendiri hal yang tidak pernah kita sangka mungkin malah hal yang tjauh dari pikirkan kita.

Marilah sebagai orang tua atau tenaga pendidik mari kita memandang anak adalah sebuah hal yang UNIK dengan selalu berpikir positif tentang anak dan jauhkan kemarahan serta anak adalah MAHA KARYA dari Allah yang diciptakan paling sempurna buka hal yang gagal.

InsyaAllah dengan kata-kata yang yang baik dengan memandang anak sejajar dengan matanya, anak akan tahu maksud kita meskipun anak kita belum dapat bicara. Dan sudah saya buktikan ke Nizar. Yaitu setiap saya mengerjakan tugas di depan laptop Nizar sering mau ikut mengetik dan sesekali saya biarkan untuk memencet keyboardnya. Dan saat saya mengerjakan sebuah tugas yang harus selesai dan Nizar ingin ikut mengetik maka saya langsung mengangkat Nizar dan memandang wajahnya yang imut dan sejajar dengan mata Nizar lalu berkata,"Nang (Cara memanggil saya ke Nizar), ayah mau mengerjakan tugas dan harus selesai hari ini. Nang bermain sendiri dulu ya? InsyaAllah lain waktu Nizar boleh mainkan laptop ayah lagi." Subhanallah Nizarpun turun dan bermain sendiri atau mencari teman untuk bermain. Hal ni saya lakukan berulang-ulang dan berhasil. Tetapi kalau kita tidak sibuk berikan waktu anak untuk melakukan hala tersebut. Itulah keunikan anak.

Semoga bermanfaat. Mari bangun negeri dan bangsa kita melalui anak-anak HEBAT kita.

Anak adalah MAHA KARYA yang UNIK dan penuh RAHASIA, berpikirlah positip dengan keyakinan akan keHEBATannya dan perlakukannlah dengan CINTA KASIH.





Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar