Senin, 09 Agustus 2010

Game Belajar_MEMBERI DITERIMA

Assalamaulakum Wr. Wb.

Pengunjung yang HEBAT khususnya para pendidik pada kesempatan ini penulis akan membagi informasi tentang Game Belajar yang insyaAllah para siswa semangat dan antusias karena sudah penulis lakukan di tempat mengajar SDIT PERMATA BUNDA alhamdulilah setiap ada pelajaran penulis siswa-siswa pada ketagihan untuk meminta game ini meski juga tidak selalu game ini yang penulis berikan tetapi masih ada yang lain termsuk Gameh Sholeh Sholehah. Game belajar ini dapat dilkaksanakan di dalam atau di luar ruangan.

Game ini penulis namakan dengan Game Memberi Menerima.


Tata cara:

  1. Pendidik membagi 2 kelompok atau lebih (Kalau penulis biasanya membagi menjadi 2 kelompok yang penulis sebut kelompok A (Kelompok Atas karena duduknya di atas kursi) atau Kelompok B (Kelompok Bawah karena duduknya di bawah kursi alias di lantai).
  2. Pendidik menjelaskan permainan ini adalah permainan saling memberi pertanyaan kepada lawan kelompok dan lawan kelompok yang telah dipilih harus menjawab dan tidak boleh dibantu.
  3. Pertanyaan harus sesuai dengan materi pada pembelajaran saat itu.
  4. Siswa tidak boleh membuka buku apapun.
  5. Siswa yang Pemberi dan Penerima pertanyaan ditentukan oleh pendidik karena biasanya dilihat kemampuan (Tidak harus ini). Tetapi juga boleh lainnya.
  6. Penilaian : Pendidik memberikan skor ke dua kelompok dengan skor 100. Jika penerima pertanyaan dapat menjawab pertanyaan maka skor kelompok ditambah dengan 10 dan jika penerima pertanyaan tidak dapat menjawab maka tidak dapat skor dan pemberi pertanyaan yang mendapat skor dengan catatan jika pemberi pertanyaa dapat menjawab pertanyaa yang dibuat sendiri tetapi jika tidak dapat menjawab pertanyaan sendiri maka  pemberi pertanyaan tidak mendapat skor.
  7. Setelah itu  Pendidik memberitahukan tata tertib (sesuai kondisi). Misal pendidik memberikan aturan bahwa dalam permainan ini tidak diperbolehkan untuk bersuara kecuali yang MEMBERI atau MENERIMA. Jika melanggar maka nilai skor kelompok akan dikurangi 5.
  8. Permainan selesai setelah semua siswa mendapat giliran atau berakhirnya jam mengajar.
  9. Pemenang adalah kelompok  akumulasi terbanyak.
  10. Selanjutnya diberi aplaus atau motivasi.

Manfaat:

  1. Siswa bermain sekaligus belajar.
  2. Siswa mudah mengingat pelajaran.
  3. Siswa lebih berkreasi dalam membuat soal atau menjawab soal.
  4. Siswa belajar menyusun sebuah kalimat.
  5. Siswa terbiasa berbicara di depan orang banyak.
  6. Siswa belajar menghargai orang yang berbicara.
  7. dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualakum Wr. wB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar