Sabtu, 25 September 2010

Flu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pengunjung yang HEBAT saya harap KUAT dan SEHAT.

Sabtu, 25 Spetember 2010 adalah hari yang paling bahagia buat Nizar karena itu adalah hari perdana Nizar kuliah melanjutkan ke transfer S1 PGSD. Subhanallah saat berangkat kuliah perdana Nizar disambut hujan yang penuh berkah, sangat deras dan dihiasi oleh hemnbusan angin yang kencang sehingga mengguyur sebagian tubuh Nizar meski begitu Nizar tetap melanjutkan kuliah dan alhamdulillah akhirnya sampai juga di tempat kuliah.

Kenapa hujan tadi Nizar sebut berkah karena setelah berkah hujan tersebut kepala Nizar pusing, suhu badan demi sedikti meningkat dan akhinya mau tidur gigi terasa skait dan bangun tidur alhamdulillah sakit kepala, badan Nizar pegal, dan akhirnyapun diberi flu. Ini adalah berkah yang diberikan oleh Allah kepada Nizar karena akan menjadi pembelajaran yang HEBAT bagi Nizar.

Kenapa pembelajaran ? karena biasanya Nizar setiap hari mengkonsumsi habatus sauada dan tiap minggu mengkonsumsi madu dalam bulan-bulan ini tidak pernah lagi mengkonsumsi suplemen tersebut.
 
Maka dari pembelajaran tersebut Nizar dalam kesempatan ini ingin memosting tentang Flu. Apa lagi dalam beberapa tahun akhir ini pergantian musim tidak dapat dipastikan sehingga kalau tubuh pengunjung HEBAT tidak stabil maka akan mudah terserang flu. untuk itu Nizar ingin saring n skalian memberi informasi tentang

Apa itu Flu?
Flu yang dalam bahasa medisnya disebut Rhino-faringitis akut merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan peradangan selaput lendir (mukosa) hidung dan tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh agen infeksi umumnya adalah virus, dan juga bakteri. Acapkali terjadi di musim pancaroba, pada individu yang banyak beraktivitas malam hari dan kurang tidur, kehujanan, kelelahan, kurang makan bergizi, kurang olahraga. Jadi pada kejadian flu, selain disebabkan agen infeksi yang ditularkan dari penderita flu, faktor daya tahan tubuh memegang peranan sangat penting. Secara umum dapat dikatakan bahwa agen-agen infeksi penyebab flu itu terdapat pada udara bebas di mana saja tempat kita menarik napas, jadi faktor kesegaran tubuh yang akan menjadi penentu apakah kita akan menderita sakit atau tidak.

Penyebab flu ?
Penyebab terserang dari flu adalah virus, beberapa yang umum adalah Rhinovirus, Coronavirus, RSV, Influenza virus. Sedangkan bakteri yang terkait dengan flu umumnya Streptococcus pneumonia dan Haemophillus influenza. Penularannya adalah secara droplet atau percikan liur di udara seperti dari bersin dan batuk, juga menular secara tidak langsung melalui kontak tangan dengan benda-benda yang disentuh oleh tangan penderita.

Gejala flu ?
Gejala yang sebenarnya tidaklah khas dan cukup bervariatif antara penderita yang satu dengan yang lainnya. Tetapi pada umumnya sebaai berikut :
  • Suhu kepala semakin meningkat
  • Sakit kepala hingga vertigo
  • Suhutenggorokan perih terutama saat bangun pagi dan malam menjelang tidur
  • Batuk dan diikuti ingus ingus dari encer hingga kental
  • Hidung mampet.
  • Mata perih dan merasa silau.
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • terutama sendi-sendi pegal.

Bagaimana cara menanggulangi Flu ?

  1. Muhasabah dan Istighfar kenapa ? karena pbanyak manusia yang juga terkena hujan tetapi beberapa tidak mengalami flu. Ini adalah rasa sayang dan rahasia Allah behwa penyakit tersebut diperkenankan untuk menyerang kita. Maka kita perlu Muhassabah dan istighfar atas kesalahan-kesalahan kita khususnya tentang melamun dan memndam jengkel kepada orang lain.
  2. Minum air putih yang banyak.
  3. Hirup dengan hidung uap mentol/minyak kayu putih/inhaler agar menjaga kehangatan saluran napas dan mengurangi gejala di hidung dan tenggorok. 
  4. Jika hidung tersumbat, hiruplah uap air hangat dari suatu baskom/ember dengan kepala ditutupi handuk.
  5. Jika agak demam, dapat kompres air hangat di kening serta leher dan dada ingat sebaiknya pakai air hangat bukan dingin.
  6. Kumur-kumur dengan air garam hangat setiap bangun tidur, menjelang tidur malam maupun setiap dirasa tenggorokan perih.
  7. Konsumsilah madu dicampur dengan air hangat dan konsumsilah habatus sauda dengan jumlah sesuai dosis untuk penyembuhan.
  8. Minumlah obat flu yang dijual di pasaran untuk meredakan gejala-gejala flu yang memang mengganggu aktivitas.
  9. Periksakanlah ke dokter terdekat.

Cara mengontrol Flu

  • Luangkanlah membaca Alquran dan Dzikir meski dalam hati.
  • Perbanyak istirahat.
  • Walau nafsu makan berkurang, Anda harus mengupayakan banyak makanan bergizi. 
  • Banyaklah minum air putih sejuk, terutama segelas penuh saat bangun pagi serta menjelang tidur.
  • Hentikan dulu kebiasaan Anda merokok, juga menghisap asap rokok.
  • Jangan minum sembarang antibiotik sendiri tanpa anjuran dokter!
  • Konsumsilah madu dan habatus sauda sesuai dosis
  • Biasakan menggunakan masker selama Anda flu dengan gejala bersin dan batuk yang sering sedang berjalan di tempat umum, sehingga tidak menularkan kepada orang lain. 

Cara mencegah Flu

  • Jalankan sholat dan shodaqah
  • Tetap Dzikir dan membaca Alquran
  • Jauhkan diri anda dari melamun karena saat ini pertahan tubuh berkurang.
  • Jauhkan sifat grundel / mangkel yang dipendam
  • Berolahraga rutin.
  • Konsumsi madu dan habatus sauda.

Flu bukanlah sekedar penyakit kacangan! Ada sejumlah komplikasi yang serius yang mengintai jika penanganan tidak tepat seperti sinusitis (peradangan sinus sekitar hidung), laryngitis (peradangan pita suara), otitis media ( peradangan telinga tengah yang dapat mengarah ke ketulian) , infeksi saluran napas bawah yang dapat menjadi fatal seperti bronchitis dan pneumonia (radang paru).


Semoga bermanafaat dan pengunjung HEBAT selalu diberi rasa syukur dan kesehatan. Amien

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2 komentar: