Selasa, 21 September 2010

Manfaat Senyum

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pangunjung HEBAT yang penuh senyum.

Marah ....

Marah lagi ....

Marah marah lagi ....


Tidak jamannya lagi kita untuk marah, BETUL G?
Karena hanya mendekatkan n membuka lebar-lebar pintu neraka saja. Tapi .... Kenapa ya sampai saat ini saya masih mudah marah padahal berbagai cara telah saya lakukan. Apa mungkin ini karakter saya yach.... He.... Tapi saya tidak akan putus asa agar dapat menjadi orang yang tidak mudah marah dan mengahadapi hidup ini dengan SENYUMAN. Semoga KITA BISA.

Meski saya mudah marah tidak ada salahnya kalau saya postingkan manfaat senyum yang salah satunya adalah mencegah marah?

Berikut manfaat senyum :

  1. Senyum secara psikologis dapat mencegah kita dari perbuatan marah karena dapat menenangan hati yang tak terkendali.
  2. Secara psikologis juga senyum dapat mengurangi stress dan mengubah perasaan. Ketika kita merasa tertekan dan sedih, cobalah tersenyum, maka perasaan akan lebih baik dan pikiran lebih jernih dan positif. Saat tersenyum tubuh kita memberi sinyal-sinyal positif kehidupan, sehingga tubuh kita menerimanya sebagai anugerah. Faktor ini pula yang membuat senyum mampu meningkatkan imunitas tubuh secara psikologis karena senyum membuat perasaan dan pikiran lebih rileks. Fungsi imun akan meningkat dalam suasana dan kondisi yang rileks. Tersenyum juga mampu menularkan energi positif kepada orang lain. Dengan senyum, suasana menjadi lebih santai, ceria dan bisa membuat perasaan orang lain bahagia. Di samping itu, senyum dapat memberi kesan berseri dan optimis. Optimisme yang tampak membuat orang lebih diandalkan dalam karir, sehingga bisa membantu meraih kesuksesan.
  3. Secara penampilan senyum membuat kita lebih menarik karena daya tarik kita lebih tercermin lewat senyuman. Tersenyum mencerminkan pribadi yang menyenangkan dan bersahabat di mata orang lain, sehingga orang merasa nyaman dan senang di dekat kita.
  4. Dari segi kesehatan, senyum sama dengan olah raga yang bermanfaat untuk mengurangi infeksi paru-paru, mengurangi sakit jantung, meningkatkan semangat mengurangi dua hormon dalam tubuh yaitu eniferin dan kortisol, serta menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin yang merupakan hormon pengendali rasa sakit, sehingga senyum bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit dan mengurangi rasa nyeri. Dari segi kecantikan, senyum merupakan obat awet muda karena senyum menggerakkan banyak otot wajah, sehingga otot wajah terlatih dan kencang.
  5. Secara spiritual, senyum memberikan manfaat sebagai penyejuk rohani, tanda kemurahan hati dan tentu saja ibadah karena senyum merupakan sedekah. Yang penting kita bisa menempatkan senyum dalam waktu dan kondisi yang tepat.
  6. Secara religi Dengan senyum maka kita akan mudah mengandalikan amarah kalau kita dapat mengendalikan amarah maka hadiahnya surga. Rasulullah pernah berpesan dan diulang 3x “la taghdob, la taghdob, la taghdob..” yang artinya.. “jangan marah, jangan marah, jangan marah..” dan diakhiri dengan kata-kata “...walakal jannah” ..maka bagimu syurga. Beliau juga bersabda, sesungguhnya marahmu adalah bunga api dari neraka.

Tersenyumlah ....
Awali setiap aktivitas kita dengan basmallah dan senyuman
Akhiri setiap usaha dengan tersenyum, hamdallah dan berdoa.
InsyaAllah, hati dan pikiran kita lebih berenergi dan bersemangat.

Semoga bermanfaat khusunya saya yang mudah marah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2 komentar:

  1. Artikel yang bagus, saya juga ad aide!
    Bila anda ingin mengajarkan arti sebuah senyuman kepada buah hati anda dengan bernyanyi, anda bisa klik
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/09/senyuman-lagu-anak-anak-karya-kak-zepe.html

    BalasHapus
  2. InsaAllah saya buka. Jazakallah atas infonya

    BalasHapus