Jumat, 23 Juli 2010

Belajar Menghadapi Puasa Ramadhan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur patut kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena hingga kini insyaAllah kita masih diperkenankan Allah untuk menikmati keindahan Ramadhan yang sebentar lagi akan membawa keberkahan dan pengampunan bagi kita semua yang beriman.

Solawat dan salam kita haturkan pada junjungan kita Rosulullah yang telah memberikan teladan kehidupan yang indah bagi kita setiap hari khususnya dalam menghadapi ramadhan ini.

Pengunjung yang HEBAT yang diberkahi Allah,

Patut kita ucapkan syukur alhamdulillah karena kita insyAllah dapat menjumpai kembali tamu yang sangat istimewa dan yang paling kita tunggu-tunggu karena keberkahannya, yang diberikan kepada umat muslim yang menjalankannya dengan ikhlas yaitu Bulan Ramadhan yang penuh berkah. Kedatangannya hanya diperuntukkan untuk umat islam yang beriman sebagai tanda kasih saya Allah kepada umatnya yang beriman sesuai firman Allah

“ Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." QS.Al Baqarah : 183

Agar kita lolos menjadi umat yang bertaqwa dan beriman di dalam bulan Ramadhan salah satunya harus melakukan ibadah Puasa (แนขaum) yang artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Berarti saat melaksanakan puasa ini kita dibutuhkan persiapan-persiapan agar puasa Ramadhan kita ini berkah. Berikut beberapa persiapan yang dapat dilakukan oleh muslim guna menghadapi puasa Ramdhannya berkah:

1. Awalilah dengan Niat Ikhlas.

“Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang dia niatkan, maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak dia raih atau karena wanita yang hendak dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia hijrah kepadanya”. (HSR. Bukhary-Muslim dari ‘Umar bin Khoththob radhiallahu ‘anhu)

InsayaAllah dengan bacaan basmallah dan niat ikhlas segala sesuatu yang sulit dan berat akan menjadi mudah dan ringan karena kita mendapat keberkahan dari Allah.

2. Berpikir Mampu Melakukan Berpuasa.

Dalam berpuasa diperlukan keyakinan bahwa kita mampu untuk melakukannya. Selama kita yakin pasti kita mampu untuk berpuasa dari fajar sampai kumandang adzan Magrib.



3. Bertahan Menyesuaikan Diri terhadap Rasa Lapar.

Perlu diketahui menurut penelitian manusia bisa hidup tanpa makan dan minum hingga 3 hari atau lebih. Dan rasa lapar itu datangnya setiap hari waktunya sama (missalnya ketika kita merasa lapar setiap pukul 6 pagi, 12 siang ,dan 6 malam maka setiap jam itu kita akan merasa lapar meskipun sebelumnya kita sudah makan) tetapi kalau kita dapat bertahan 15-30 menit menahan rasa lapar itu maka insyaAllah rasa lapar itu akan hilang sendirinya. Yakinlah karena itu adalah waktu biologi kita sehari-hari.

4. Minum yang Cukup ketika Sahur.

Tubuh kita terdiri sekitar 80% adalah cairan, ketika kandungan cairan tersebut berkurang maka sistem-sistem koordinasi pada tubuh kita akan terganggu. Agar cairan tubuh itu tetap terjaga maka kita dapat meminum air yang cukup dan kalau bisa ditambah dengan gula atau madu saat sahur. InsyaAllah selama seharian penuh kita akan terjaga dari kekurangan cairan.


5. Berbuka Diawali dengan Minuman dan dilanjutkan dengan Makanan.

Karena seharian penuh kita kekurangan cairan maka saat berbuka sebaiknya kita meminum terlebih dahulu tetapi jangan berlebihan. Kalau kita makan dahulu maka dapat mengakibatkan radang yang seharian kering maka lebih baik minum dahulu.

6. Hiasi dengan Kegiatan Positif

Dengan malakukan kegiatan positif seperti tadarus Alquran atau kegiatan positif lainnya insyaAllah kita akan melupakan rasa lapar. Karena kita disibukkan oleh hal teresbut.


7. Konsumsi Multivitamin.

Khususnya vitamin C guna menjaga kebugaran tubuh kita.



Semoga bermanfaat bagi kaum muslim yang insyaAllah digolongkan orang-orang yang beriman.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar