Sabtu, 10 Juli 2010

Game Pembelajaran: Sholeh Sholehah

Assalamualaiku Wr. Wb.

Salam HEBAT untuk pengunjung HEBAT.

Pada kesempatan ini Nizar ingin membagikan sebuah geme (permainan) pembelajaran untuk pengunjung HEBAT khususnya berprofesi pendidik. Kadang siswa kita sering mengalami kejenuhan dalam proses KBM guna menyegarkan kembali siswa-siswi kita tersebut biasanya saya menggunakan sebuah game pembelajaran, salah satunya adalah Game Pembelajaran Sholeh Sholehah (GP_SS). Teknik GP_SS dapat disesuaikan dengan kondisi kelas dapat dilekukan perindividual atau kelompok. Tetapi saya menggunakan untuk perkelompok karena untuk meningkatkan kerja sama dan saling menghargai antar sesama.

Tata cara GP_SS

  1. Sebelumnya buatlah dua kelompok siswa atau lebih.
  2. Buatlah sebuah tabel nilai di papan tulis dengan daftar kelompok tersebut. Tabel ini untuk menuliskan nilai siswa dari pertanyaan yang kita sodorkan.
  3. Untuk menentukan pertanyaan caranya:
    • Buatlah sebuah cerita dengan menggunakan kata Sholeh dan Sholehah.
    • Setiap kita mengucapkan kata Sholeh maka semua siswa harus berdiri dan jika kita mengatakan Sholehah maka semua siswa harus duduk.
    • Bagi siswa yang melanggar maka diberi hukuman sebuah pertanyaan dan nilai kelompok dikurangi 10 (Sesuai kesepakatan siswa) tetapi jika dapat menjawab pertanyaan tersebut maka kelompok tidak mendapat pengurangan nilai.
    • Berilah pertanyaan yang berhubungan dengan materi saat itu.
  4. Terakhir berilah aplaus atau berikan hadiah bagi yang menang dan berpesan bagi yang belum menang untuk jangan bersedih dan tetap semangat.
  5. Permainan ini dapat digunakan di dalam atau di luar ruangan.

InsyaAllah dapat meningkatkan motivasi siswa kita dan setiap ada pembelajaran kita akan meminta game ini.

Semoga bermanfaat, salam HEBAT.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar