Selasa, 06 Juli 2010

Arti Belajar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam HEBAT untuk pengunjung yang HEBAT.

      Untuk pembahasan "Belajar" ini Nizar ingin menjelaskan penjelaskan tentang arti belajar menurut sudut pandang Nizar sendiri. Ini bukan berarti Nizar sombong atau tidak menerima pendapat lain tetapi kita mencoba belajar untuk mengkreasikan ide-ide kita sehingga kita tidak hanya mengikuti saja tetapi lebih untuk berfikir dahulu baru kita menentukan pilihan. 

Maaf yach.......

      Belajar sebenarnya mempunyai arti yang banyak tergantung sudut pandang yang mengartikannya namun pada intinya belajar dapat kita artikan bahwa belajar adalah cara untuk menambahan pengetahuan. Belajar di sini yang dimaksud bukan belajar dalam lingkup akademik di sekolauh saja tetapi belajar dalam lingkup yang lebih luas. Karena setiap saat dan setiap waktu kita pasti belajar termasuk saat tidur. Kenapa? dengan tidur kita bermimpi merasakan sesuatu dengan indera yang telah diberikan Allah untuk membantu kita belajar dan  sesuatu itu akan menjadi pembelajaran yang sangat berarti bagi kita.

      Kalau kita bisa mengembangkan sikap bersedia ikhlas untuk belajar dalam hidup ini kita akan bisa mengarungi kehidupan ini dengan lebih baik dan berarti dibandingkan dengan orang yang tidak bersedia belajar dalam hidup ini karena menganggap yang dia ketahui sudah paling benar dan tidak ada lagi tempat buat dia bertumbuh atau belajar dengan orang lain.


     Sebelum mengartikan arti belajar menurut Nizar sebelumnya akan disebutka arti belajar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. 

     Dan menurut Nizar mengartikan belajar adalah proses memanfaatkan indera yang diberikan Allah dengan niat ikhlas untuk menerima atau menolak pengetahuan tersebut sehingga dapat dipahami secara nalar dan lisan. Jadi untuk belajar kita harus memanfaatkan semua indera kita. Dalam proses belajar ini Nizar membuat skema proses belajar seperti di bawah ini


INDERA (INPUT) ---> OTAK (PENGOLAHAN) ----> HASIL (OUTPUT)


  • Indera adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menerima pembelajaran di sekitarnya, yang telah diberikan Allah kepada manusia untuk menerima rangsang belajar.
  • Otak adalah tempat proses pemahaman untuk menerima atau menolak dari ransangan yang yang telah diterima melalui indera tersebut selanjutnya dengan meminta pertimbangan terlebih dahulu dengan hati nurani dan hasilnya akan disalurkan ke output. Dengan begitu mengapa manusia dapat memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik.
  • Hasil adalah perbuatan yang dilakukan manusia setelah semua proses sudah ditentukan  dalam proses pengolahan tersebut.

       Untuk belajar dibutuhkan pemanfaatan indera yang kita punya (penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman, peraba, indera keenam dan indera-indera seterusnya) untuk menerima ransangan pengetahuan dengan ikhlas. Selanjutnya dibutuhkan kerja sama antara otak dan hati nurani sehingga akan menghasilkan HASIL yang luara biasa.

       Semoga bermanfaat untuk pengunjung yang HEBAT dalam belajar dan untuk materi yang berhubungan dengan "Belajar" lainnya insyaAllah Nizar postingkan di lain waktu. Nizar membutuhkan saran dan kritik dari pengunjung yang HEBAT dengan tetap ceria, semangat dan senyum.

Salam HEBAT untuk pengunjung yang HEBAT.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar